Minggu Paskah

Logo Minggu PaskahPASKAH. Sama seperti Jumat Agung mulai dengan malam sebelumnya (Kamis Putih), maka begitu juga hari Paskah, dimulai dengan malamnya (bnd. Kej.1:5,8,13 dst). Ada Gereja-gereja yang merayakannya semalam suntuk, antara lain dengan membaca bagian-bagian Alkitab (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) sehubungan dengan Paskah serta pelayanan Baptisan Kudus (menjelang subuh).

Paskah adalah hari Kebangkitan Yesus Kristus dari kematian, yang ditandai dengan kubur kosong. Paskah jatuh pada Hari Pertama (Arab ‘Akhad’, Ibr. Ekhad): Kej. 1:5; Mat.28:1; Mrk.16:2; Luk.24:1; Yoh.20:1). Hari Pertama adalah Hari Minggu. Kata ‘Minggu’ berasal dari bahasa Portugis (Dominggu(s) dan Latin Dominus, yang berarti ‘Tu(h)an. Karena itu Hari Minggu adalah hari Tuhan (Why.1:10).

Paskah adalah hari raya utama dalam Kekristenan karena merupakan titik tolak iman orang percaya (I Kor 15:14). Karena itu maka Hari Paskah (termasuk malamnya) hendaknya dirayakan sebagai hari peringatan Gereja yang paling meriah, dan harus dirayakan dalam kegembiraan dan sukacita.

Minggu Paskah dirayakan selama 7 Minggu; termasuk Hari Minggu setelah Yesus Kristus naik ke Surga.

  • Minggu Paskah  II (Lat. Quasimodo Geniti = Sama seperti bayi-bayi yang baru lahir’ (1 Ptr.2:2).
  • Minggu Paskah III (Lat. Misercordias Domini = ‘Kasih Setia Tuhan’ (Mzm.89:2), dalam kombinasi dengan Mzm.33:5). Hari Minggu ini juga sering disebut Pastor Bonus (Gembala Yang Baik).
  • Minggu Paskah IV (Lat. Jubilate = ‘Bersorak-sorailah’ (Mzm.66:1).
  • Minggu Paskah V (Lat. Cantate = ‘Nyanyikanlah’ (Mzm.98:1).
  • Minggu Paskah VI (Lat. Rogate = ‘Mintalah’, sehubungan dengan Doa untuk tumbuh-tumbuhan pertanian (cukup relevan!), juga sehubungan dengan ‘panen rohani’ yang ditandai oleh perayaan Pentakosta nanti.

Simbol untuk Minggu Paskah adalah bunga lily dengan warna dasar putih.

  • Warna dasar : Putih
  • Lambang/Logo : Bunga Lily
  • Warna bunga Lily : Putih
  • Arti : Bunga lily merupakan simbol dari hari Paskah dan kekekalan. Umbi-umbian dari bunga lily haruslah ditanam dan mati dahulu di dalam tanah, baru kemudian daripadanya akan tumbuh suatu kehidupan baru. Melalui Paskah orang percaya telah menerima kehidupan baru yang diberikan lewat kematian dan penderitaan Kristus (band. Yoh 12; 34), dan kehidupan baru itu sendiri adalah kehidupan yang berkaitan dengan hidup kekal.

Simbol ini berganti pada Rabu malam menjelang Yesus Kristus naik ke surga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s