Renungan Pagi (29 Januari 2013)

Memberitakan Firman Yang Hidup

KJ. 338 : 1

1 Yohanes 1 : 1 – 4

Surat 1 Yohanes mi menj elaskan tentang umat Tuhan yang tengah diperhadapkan dengan suatu bentuk ajaran sesat yang menyangkal inkarnasi dan penolakan terhadap kemesiasan Yesus. Yohanes menentang ajaran semacam ini. Dan bagian awal suratnya, ia memberi kesaksian tentang Firman yang hidup itu. Dialah Allah yang menjadi manusia dan juga yang diurapi menjadi Juruselamat dunia dan manusia.

Yohanes menegaskan bahwa dan sejak semula, ia sudah mendengar, melihat dengan mata sendiri, memandangnya dan sudah memegangnya dengan tangan dan karenanya dapat memberitakan tentang hidup yang sejati dan kekal (ay. 1-2). Semua itu hanya ada di dalam din Yesus. Hal-hal itulah yang mendorong Yohanes untuk memberitakan kepada umat supaya mereka memperoleh persekutuan dengan Bapa dan Anak-Nya, Yesus. Dengan demikian umat Tuhan akan menerima dan mengalami sukacita (ay. 3-4).

Memberitakan tentang kebaikan Tuhan yang sudah dialami membutuhkan kesediaan din yang besar. Surat Yohanes ni menantang kita di masa kini untuk bersedia menyaksikan tentang Yesus sebagai Juruselamat, di tengah berbagai ajaran-ajaran sesat yang ada di sekitar kita. Kita harus menjawabnya dengan sikap iman yang jelas dan murni, baik dihadapan Tuhan maupun dihadapan sesama.

Sikap iman orang Kristen di masa kini perlu dipertanyakan. Kesaksian seperti apakah yang pantas dilakukan oleh umat-Nya? Kesaksian yang benar bukan untuk kemuliaan diri sendiri tetapi yang sungguh-sungguh menunjukkan kuasa dan kasih Tuhan bagi manusia.

KJ. 338 : 4

Doa :

Ya Tuhan, berikan kami kekuatan dan hikmat untuk tetap setia memberitakan Firman yang hidup melalui seluruh aspek hidup kami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s