Renungan Malam(29 Januari 2013)

Persekutuan Yang Membawa Terang

KJ. 371 : 1,2

1 Yohanes 1 : 5 – 10

Yohanes melanjutkan suratnya untuk terus menangk al para penyesat saat itu. Ia mempunyai tanggung jawab man untuk terus memelihara kehidupan iman umat Tuhan. Berita yang harus disampaik an ialah, Allah adalah terang. Terang itu mengungkapkan kemuliaan Allah. Allah ialah Tuhan yang menyatakan din,

Ia tidak lagi tersembunyi. Terang itu sudah hadir di dalam din Kristus yang sedia mengorbankan diri-Nya untuk mengampuni dosa manusia. Berbeda dengan kegelapan yang menunjukkan hidup di luar Kristus, keadaan yang tanpa moral dan tidak ada kasih. Jadi hanya orang yang berjalan dalam terang yang dapat bersekutu dengan Allah kerena mereka telah disucikan oleh darah Yesus.

Ayat 8-10 -) Menggambarkan bagaimanapun kita berusaha untuk berjalan dalam terang, kita tetap adalah orang berdosa (ay. 8). Orang seperti ni, tidak menyadani apa yang tidak sesual dengan perintah Allah yang telah membuatnya menjadi dosa. Bukan sekadar tidak melakukan apa yang jahat, tetapi juga tidak melakukan apa yang seharusnya menjadi perbuatan balk di mata Tuhan. Ke duanya, sama salahnya dihadapan Tuhan. Tidak cukup bagi kita hanya menyadari dosa-dosa kita, tetapi juga harus diikuti dengan kesediaan untuk mengakuinya dihadapan Allah agar pengampunan-Nya diberlakukan bagi kita (ay. 9).

Dengan demikian, orang Kristen yang sudah diampuni dosan ya oleh Kristus akan selalu rindu bersekutu dengan-Nya dan dengan saudara-saudara seiman. Seberapa banyak waktu kita pergunakan untuk bersekutu dengan Tuhan? lngatlah, persekut uan dengan Allah dan dengan sesama manusia, mengharuskan kita berjalan dalam terang.

KJ.371:3

Doa :

Ya Tuhan, kami merindukan hadirat-Mu. Bentuklah kami untuk sungguh-sungguh menerangi dunia di sekitar kami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s