Renungan Pagi (28 Januari 2013)

Jangan Bersungut-Sungut

KJ. 436 : 1,2

Yohanes 6 : 41 – 59

Orang-orang Yahudi dalam nas ini bersungut-sungut kepada Yesus kerena status Yesus sebagai anak Yusuf si tukang kayu. Mereka menolak Yesus sebagai roti yang turun dari sorga (ayat 42). Orang Yahudi itu pun bertengkar diantara mereka dan tidak memahami perkataan Yesus tentang roti yang diberikan Yesus, apalagi  Tuhan mengatakan bahwa roti yang diberikan Yesus adalah daging Yesus sendiri (ayat 51-52) yang akan memberi kehidupan kekal.

Nas ini memang harus digumuli dengan baik secara mendalam. Dengan begitu kita dapat menghayati makna yang terkandung didalamnya. Keadaan para pendengar di sinagoga waktu itu tidak sama dengan umat masa kini. Bagi mereka, “makan daging dan minum darahnya”, yakni bersatu dengan kehidupan Yesus yang dikurbankan bagi penebusan dan keselamatan orang banyak sudah menjadi pokok kepercayaan. Fokus orang-orang Yahudi ketika membaca bagian ini adalah berusaha mengerti dan percaya. Bagi kita sekarang, masalahnya bukan lagi agar kita mau menerima iman itu, melainkan bagaimana kita dapat memahami untuk hidup dalam terang iman. Dalam perjuangan hidup maupun pergumulan yang kita alami, apakah kita menyikapinya hanya dengan bersungut-sungut atau kita mau memahami dalam terang iman?

Tuhan menghendaki umat percaya untuk dapat memahami dan melakukan firman-Nya dengan ketaatan dan sukacita bukan ddengan bersungut-sungut. dalam setiap pergumulan dan persoalan kehidupan ini, hendaknya kita melihat bahwa dibalik setiap masalah ada terang iman yang akan menuntun kita untuk tetap bersyukur. Bersyukurlah untuk kasih karunia Yesus dalam hidup kita karena kita diberi makanan rohani, yakni tubuh dan darah-Nya untuk keselamatan kita.

KJ. 436 : 3

Doa:

Tuhan Yesus, seringkali kami sulit untuk memahami maksud dan kehendak firman-Mu dalam hidup ini. Ajar kami untuk dapat mengerti dan melakukan ajaran-Mu dalam setiap langkah perjuangan kehidupan kami.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s