Renungan Malam (28 Januari 2013)

Firman Tuhan Meneguhkan Iman

KJ. 51 : 1,2

Yohanes 6 : 60 – 66

Setelah mendengar ajaran Yesus, sebagian murid-Nya mengatakan bahwa “perkataan ini keres”, dan sejak saat itu banyak dari pengikut-Nya “mengundurkan diri dan tidak lagi mengikuti Dia”. Murid-murid tidak sanggup mendengarkan ajaran Yesus yang keras, apalagi meneruskannya kepda orang lain. Agaknya mereka lebih menyukai ajaran-Nya yang biasa-biasa saja. Ajaran yang keras tidak mereka sukai karena menyangkut keberadaan mereka sehingga mereka pun kemudian meninggalkan-Nya.

Yesus cukup mengenal dengan baik sungut-sungut mereka (ayat 61). Ia juga mengamati siapa yang bersukacita didalam ajaran  itu dan siapa yang bersungut-sungut terhadap ajaran-Nya – sekalipun mereka melakukannya dengan diam-diam. Yesus mengetahui dengan pasti, karenanya Ia bertanya : “Apakah perkataan itu menggoncangkan imanmu?” Apakah itu menjadi batu sandungan bagi mereka? Yesus memberi petunjuk kepada mereka perihal kenaikan-Nya ke sorga, Yesus juga menyampaikan tentang roh yang memberi hidup kepada murid-Nya.

Kristus tahu segala bentuk kemunafikan sebagian murid-Nya. mereka mengaku sebagai murid Kristus, tetapi tidak bisa menjadi teladan. Kemudian, sebagian besar murid-Nya meninggalkan Dia. Bagaimana dengan kita? Adakah ajaran Firman Tuhan keras menegur sikap dan perilaku kita yang tidak sesuai kehendak-Nya? Adakah kita tetap setia walau harus menyampaikan ajaran Tuhan yang acapkali bertentangan dengan ajaran dunia ini?

KJ. 54 : 3,4

Doa:

Firman-Mu keras dan menegor sikap kami yang seringkali bersungut-sungut kepadaMu. Tuhan Yesus, Engkau mengenal diri kami, berilah kami hati yang taat dan mau mendengarkan ajaranMu. Teguhkan iman kami dalam setia tantangan hidup ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s