Renungan Malam (27 Januari 2013)

Menemukan Yesus

KJ. 412 : 1 – 2

Yohanes 6 : 25 – 40

Dalam bagian ini motivasi orang banyak dalam mencari Yesus nampak dengan sangat jelas. Dengan tegas Yesus menegor orang banyak itu karena motivasi mereka mencari-Nya hanya untuk mendapat roti sebagai makanan yang mengenyangkan perut mereka. Mereka tidak memaknai lebih dalam apa yang ada di balik tanda-tanda mujizat yang Yesus lakukan. Mereka hanya melihat hal-hal yang mereka alami secara jasmani tanpa dapat menghayati lebih dalam makna yang terkandung di dalamnya.

Tuhan Yesus langsung memperbaiki cara berpikir mereka yang keliru. Pekerjaan yang dikehendaki Allah ialah percaya kepada Yesus Kristus yang telah diutus Bapa-Nya (ay. 29). Yesus menghendaki agar orang banyak itu memahami dengan jelas bahwa DiaadalahAnakAllah dan Roti Kehidupan. SebagaiAnak Allah, Ia datang untuk memberi diri-Nya bagi penebusan umat manusia atas segala dosa-dosanya. Sebagai Roti Kehidupan, Ia sedia dipecah-pecahkan untuk memberi keselamatan kekal bagi yang percaya kepada-Nya. Penyerahan Din dan Darah Yesus sendini adalah mujizat yang lebih besar dan sekadar penggandaan roti dan ikan serta mujizat lainnya berupa penyembuhan.

Renungan malam ini membawa kita pada kedalaman makna menemukan Tuhan Yesus dan kehadiran-Nya di dunia mi. Yesus hadir bukan sekedar pembuat mujizat belaka yang memuaskan segala keinginan duniawi manusia. Juga bukan menjadi Tuhan yang hanya ‘diperintah’ saja oleh manusia yang hanya mengin ginkan kelimpahan materi melalul doa. Akan tetapi lebih dan itu, menemukan Yesus berarti menyambut keselamatan kekal yang diberikan-Nya bagi kita. Sudahkah man percaya kepada Yesus Kristus membawa kita mengalami kepuasan yang sesungguhnya?

KJ.412:3

Doa :

Tuhan Yesus, ajar kami untuk tidak mengejar kepuasan duniawi, baik itu makanan ataupun materi Iamnnya; kami ingin belajar memahami lebih mendalam tentang anugerah keselamatan kekal yang Engkau berikan bagi kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s