Renungan Pagi (26 Januari 2013)

Pribadi Yang Bermotif Kemanusiaan

Yohanes 6:1 – 15

Mujizat yang dilakukan Yesus, menggambarkan Dia adalah benar-benar. la datang ke dalam dunia untuk memberikan keselamatan, baik secara rohani maupun jasmani. Itulah sebabnya, la juga memikirkan kebutuhan jasmani orang banyak yang datang berbondong-bondong mencari Nya. ia mengetahui bahwa orang banyak itu juga membutuhkan makanan jasmani. Yesus berbicara dengan Filipus untuk menyediakan roti bagi mereka. Filipus merasa tidak mampu menyiapkannya sekalipun memiliki uang 200 dinar. Adalah Andreas, saudara Simon Petrus yang memberitahu Yesus bahwa ada pada tangan seorang anak yang memiliki lima roti jelai dan dua ikan.

Yesus menunjukkan ke-Allah-anNya lewat pemberian seorang anak kecil yang sedikit itu. Yesus mengucap syukur dan memberkati pemberian yang sedikit itu dan membagi-bagikannya untuk memberi makan kira-kira lima ribu orang. Semuanya dapat menikmati sampal kenyang, bahkan masih ada potongan-potongan roti dan ikan yang lebih sebanyak dua belas bakul. Ketika orang banyak ini melihat mujizat Yesus mereka berpendapat bahwa Yesus benar-benar seorang Nabi yang akan datang ke dalam dunia.

Mujizat Yesus itu sangat penting maknanya bagi kita saat ini. Yesus memberi teladan hidup tentang pentingnya memiliki pribadi yang bermotif kemanusiaan. Dengan demikian, pelayanan kita pun seharusnya tidak hanya semata memenuhi kebutuhan rohani tetapi juga yang jasmaniah  sifatnya. Semua itu menjadi penting untuk mewartakan tentang Yesus sebagai Juruselamat yang memberi keselamatan bukan hanya diseberang kematian tetapi juga dalam kehidupan saat ini di dunia yang sekarang ini, Yesus sang Ilahi menyatakan diri-Nya juga dalam, motif kemanusiaan; ia menghendaki agar kita manusia sedia hidup menjadi sesama manusia bagi yang lain dan melakukan tindakan-tindakan yang memanusiakan manusia.

KJ.403: 1

Doa : (Ya Tuhan; tempatkan diri kami dari bagian komunitas yang menampilkan Engkau sebagai Sumber Berkat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s