Renungan Pagi (25 Januari 2013)

PRIBADI YANG MEMBEBASKAN PENDERITAAN

Yohanes 5:1-9

Setelah tinggal bebera[pa saat lamanya di Galilea, Yesus pun berangkat ke Yerusalem saat diselenggarakannya hari raya orang Yahudi. Setibanya di Yerusalem, Ia melihat sejumloah orang yang sedang mengalami penderitaan karena berbagai sakit-penyakit. Mereka berkumpul di dekat kolam Betesda untuk menunggu air kolam itu bergoncang ketika malaikat Tuhan turun ke atas kolam itu. Siapa yang pertama terjun ke kolam saat airnya bergoncang akan mengalami kesembuhan. Ada seseorang yang telah mengalami penderitaan sakit selama tiga puluh delapan tahun lamanya. Orang ini ‘tidak dapat bangun dan berjalan’, hanya rebah di atas tilamnya saja. Keberadaannya di kolam Betesda tentu dalam rangka ingin memperoleh kesembuhan dari sakitnya yang telah lama dialaminya.

Keluhan panjang orang itu berakhir setelah mengalami perjumpaan dan percakapan dengan Yesus. Ia tidak membawanya ke kolam Betesdea tetapi memerintahkannya dengan berkata, “angkatlah tilammu dan berjalanlah”. Orang itu pun bangun dan mengangkat tilamnya kemudian berjalan. Yesus dengan kuasaNya telah menguatkan hidup orang itu di hadapan orang banyak yang masih berkerumun di sekitar kolam Betesda itu. ‘Kekuatan baru’ telah menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan orang itu.

Marilah kita bangun dan berjalan dengan ‘kekuatan baru’ dari Yesus. Bersama Dia dan di dalam kuasa-Nya, kita mau dipakai untuk membebaskan penderitaan orang banyak. Dengan tetap mempercayai Kuasa Yesus yang bekerja di dalam kita, kelak orang banyak tidak hanya melihat tetapi menikmati kuasa Kristus yang membebaskan dan menyelamatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s