Renungan Pagi (24 Januari 2013)

SIKAP HIDUP YANG TAAT PADA KRISTUS

Efesus 6:1-9

Paulus memulai dengan seruan pada anak-anak supaya menaati orang tuanya, terkait adanya hubungan anak-anak dengan orang tua dalam keluarga. Seruan Paulus ini, harus terus diwujudkan, bukan hanya karena hal itu waib dilakukan oleh seorang anak, tetapi karena itu adalah kehendak Kristus. Sebaliknya orang tua tidak boleh membangkitkan amarah di hati anak-anaknya. Anak-anak haruslah terus dididik supaya memiliki sikap hidup yang selalu taat, bukan hanya kepada orang tua saja melainkan juga kepada Kristus.

Dalam kehidupan yang lebih luas, Paulus menasihatkan agar hamba-hamba haruslah terus memiliki sikap hidup yang taat pada tuannya. Sebaliknya, seorang tuan haruslah memiliki sikap hidup yang taat kepada Kristus, sehingga hamba-hambanya diperlakukan dengan baik secara ‘berperikemanusiaan’. Karena kehendak Kristus pada orang-orang Kristen agar terus memiliki sikap hidup yang taat kepada-Nya.

Kehadiran kita selaku orang-orang Kristen, dituntut untuk selalu mewujudkan sikap hidup yang taat kepada Kristus, dengan memperlakukan sesama (baik anak maupun hamba) sebaik-baiknya sebagaimana Kristus telah lebih dulu melakukannya untuk kita. Hidup dalam ketaatan kepada kehendak Kristus, pada gilirannya akan memberi dampak positif. Kelak hasilnya akan nampak, bahwa Kristus menjauhkan dari pada kita berbagai kesulitan dan segala persoalan hidup yang seharusnya tidak perlu terjadi. Kasih-Nya yang berlaku bagi kita mendorong untuk memberlakukannya juga bagi orang lain. Sehingga hidup kita menjadi hidup yang diberkati oleh Tuhan dan sekaligus menjadi berkat bagi sesama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s