Renungan Malam (24 Januari 2013)

SIKAP HIDUP YANG BERDOA PADA KRISTUS

Efesus 6:10-20

Kristus sebagai Kepala Gereja memanggil umat-Nya supaya tetap teguh menghadapi pencobaan hidup bahkan siap berperang melawan pencobaan hidup yang datang pada umat-Nya. Pencobaan hidup kadang datang bukan dari kuasa manusia melainkan dari kuasa iblis yang berperan dalam diri manusia. Kuasa iblis hanya bisa dihadapi dengan pertolongan Kristus, dengan menggunakan perlengkapan senjata-Nya. Dengan itu kuasa iblis dapat dikalahkan.

Perlengkapan senjata Kristus digambarkan bagaikan perlengkapan yang dipergunakan tentara Romawi ketika siap hendak berperang : ikat pinggang, baju zirah, kasut, perisai, ketopong dan pedang. Semua itu oleh Paulus diberi makna rohani agar jemaat di Efesus dapat memaknainya untuk dipergunakan berperang melawan iblis. Yang dimaksud dengan ikat pinggang adalah “kebenaran”; baju zirah adalah “keadilan”; kasut adalah “kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera”; perisai adalah “iman”; ketopong dan pedang adalah “Roh dan firman Allah”. Dengan memiliki semua itu dan mengguakannya dengan baik, seseorang dipastikan dapat mengalahkan segala yang jahat. Semua sumber pencobaan hidup yang datang dari si jahat dapat dikalahkan.

Pada masa kini dan di masa mendatang kita harus terus memperlengkapi diri dengan persenjataan Kristus, bagaikan seorang tentara Romawi yang selalu siap berperang. Ketika kita siap berperang untuk menghalau kuasa si jahat maka kita akan berperang dengan mempergunakan seluruh perlengkapan rohani itu didasarkan pada doa yang penuh iman kepada Kristus. Dengan berdoa, Kristus senantiasa memampukan kita untuk menggunakan seluruh perlengkapan rohani tersebut untuk mengalahkan kekuatan si jahat. Dengannya rahasia Injil akan terungkap oleh kekuatan yang datang dari Tuhan bagi orang-orang yang selalu sedia memperlengkapi dirinya dengan semua perlengkapan rohani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s