Renungan Pagi (22 Januari 2013)

Sikap Hidup Yang Berpadanan

Efesus 4:1-16

Dalam mengemban amanat dan Kristus, Paulus menegaskan bahwa orang yang percaya kepada Kristus harus hidup dalam kesatuan sekali pun pada kenyataannya memiliki karunia yang berbeda beda. Paulus menjelaskan bahwa gereja sebagai Tubuh Kristus berada di dalam satu Roh, satu man, satu baptisan, di mana Allah menjadi Bapa dan semua. Oleh karena itu, penting bagi orang percaya untuk memelihara kesatuan Roh yang diikat oleh damai sejahtera Kristus. Hal ini menjadi penting karena adanya hubungan yang tak terpisahkan antara orang percaya dengan Kristus.

Dengan kata lain, kita yang .percaya kepada Kristus diminta untuk menjalani kehidupan yang sesuai dengan panggilan kita selaku pengikut-Nya. Panggilan itu tercermin dalam kesediaan kita untuk hidup dalam kesatuan karena sama-sama dikuasai oleh Roh Kudus (adanya kesatuan Roh. Band. Ay. 3). Kita dipanggil untuk memperlengkapi sesama orang kudus agar secara bersama dapat melaksanakan pekerjaan pelayanan yang berdampak terhadap pembangunan tubuh Kristus (band ay. 12). Lebih jauh dan pada itu, kita pun dipanggil untuk tetap teguh berpegang pada kebenaran tentang Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Dalam kehidupan yang demikian kita dapat mengikat din satu dengan yang lain dalam satu kasih dengan mengingat bahwa Yesus adalah Kepala dan semua. (band. Ay. 15).

Gereja pada dasarnya adalah satu, sekalipun a adalah organisme hidup yang terbentuk dan pribadi-pnibadi yang memiliki karunia yang berbeda-beda. Pribadi-pnibadi tersebut bertanggung jawab atas sikap hidup yang berpadanan sebagai sesama umat dalam mengembangkan karunia-karunia pemberian Kristus. Dengan demikian umat dapat mencapai kedewasaan penuh dalam menjalani kehidupan ber-Gereja dan dalam kehadirannya ditengah masyarakat.

Kita sebagai umat Tuhan yang hadir sebagai pribadi bersama dengan masyarakat, diberi bertanggung-jawab untuk mengembang kan segala karunia yang ada untuk membangun kebersamaan yang indah, baik di dalam gereja maupun ditengah masyarakat. Begitulah kita menjalani sikap hidup yang berpadanan dalam panggilan kita selaku pengikut Kristus.

KJ.242:1

Doa : (Ya Tuhan : buatlah sikap hidup kami berpadanan dengan yang lain dalam rangka hidup di hadapan-Mu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s