Renungan Malam (22 Januari 2013)

Sikap Hidup Yang Baru

Efesus 4:17-32

Menurut Paulus ada dua karakter hidup pada manusia. Pertama; karakter hidup Kristiani, disebut hidup yang baru, dan kedua; karakter hidup yang berada pada kekafiran, disebut hidup yang lama. Kedua karakter hdup ini bertentangan satu sama lain. Hidup yang baru sangat dinanti-nantikan karena mempengaruhi watak dan kebiasaan hidup. Dan untuk hidup yang lama harus segera ditinggalkan karena akan merusak watak dan kebiasaan hidup.

Paulus mengingatkan supaya perubahan dilakukan melalui pertobatan dan pembaptisan dengan berseru kepada Tuhan. ltulah contoh sikap hidup baru yang diberikan oleh Kristus. Hidup lama tidak pernah menjadi contoh untuk hidup dalam kepedulian terhadap orang lain. Hanya melalui hidup baru seseorang bersedia untuk selalu memiliki kepedulian terhadap orang lain.

Tidak mudah untuk menjalani kehidupan secara baru, terlebih bila orang tersebut tidak mau berseru kepada Tuhan. Sebagai umat Tuhan, kita dituntut untuk menjalani kehidupan secara baru, yaitu hidup yang memiliki kepedulian terhadap orãng lain. Sikap hidup seperti itu jarang ditemui dalam dunia dewasa ini. Dalam kehidupan modern yang mengedepankan individualisme, yang banyak ditemui adalah : sikap balas dendam, sikap yang tidak segan menghabisi nyawa orang lain demi kepuasan dan kenyamanan din sendiri. Untuk kehidupan yang lebih baik, nasihat Paulus yang berbicara tentang : hidup yang baru, menjadi penting artinya. Hal itu hanya dapat terjadi ãpabila sedia berseru kepada Tuhan sehingga ada kepedulian terhadap orang lain.

KJ.413:1

Doa : (Ya Tuhan; kami hendak berseru Kepada-Mu dan menaruh kepedulian terhadap orang lain)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s