Renungan Pagi (21 Januari 2013)

BERKARYA DENGAN HATI YANG TERGERAK PADA ORANG LAIN

Markus 8:1-10

Yesus berada di tengah-tengah orang Yahudi dan non Yahudi. Dan Yesus bermaksud hendak menyelesaikan persoalan mereka yang sedang mengikuti-Nya. Persoalannya : sudah tiga hari mereka tidak mempunyai makanan. Di sinilah hati Yesus tergerak untuk menyediakan makanan. Lalu Yesus mengambil ‘tujuh roti dan beberapa ikan’ dari tangan murid-murid-Nya untuk dipotong-potong-Nya, dan memberikan-Nya pada mereka untuk dimakan. Jumlah mereka diperkirakan empat ribu orang banyaknya. Setelah mereka kenyang, ternyata masih ada sisa-sisa potongan yang dikumpulkan oleh orang ke dalam tujuh bakul banyaknya.

Sungguh Yesus berkarya di tengah keragu-raguan hati murid-murid-Nya. Dari awal sudah ada keragu-raguan hati murid-murid Yesus yang tidak tergerak memberi mereka makanan. Seperti pernyataan yang mereka ucapkan di hadapan Yesus, yaitu : Bagaimana di tempat yang sunyi ini orang dapat memberi mereka roti sampai kenyang? Bertolak dari pernyataan ini, Yesus mendangkal keragu-raguan hati murid-murid-Nya. Tujuan Yesus supaya murid-murid-Nya berkarya dengan hati yang tergerak pada orang lain dengan iman dan memanfaatkan apa yang ada.

Yesus yang menyertai kita dalam karya kehidupan kita masing-masing. Janganlah takut! Terutama ketika menghadapi persoalan ekonomi maupun persoalan lingkungan sekitar yang menghadang kita dalam berkarya : baik untuk Tuhan, untuk Gereja maupun untuk masyarakat. Karena itu, tetapkanlah hati kita untuk terus berkarya. Yesus senantiasa menyertai kita! Demikianlah kita sebagai warga Gereja harus tetap setia dan konsisten dalam berkarya di dalam gereja maupun di tengah masyarakat. Ia mengerjakan di dalam kita segala sesuatu agar kita dapat menikmati kemenangan hidup yang senantiasa disiapkan Yesus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s