Renungan Malam (21 Januari 2013)

BERKARYA DENGAN HATI YANG JUJUR

Markus 8:11-13

Kita berjumpa lagi dengan orang Farisi yang berasal dari golongan para rabi (guru agama) dan sebagai ahli Taurat yang belum berhenti untuk mencobai Yesus. Orang Farisi tersebut menuntut Yesus untuk membuktikan tanda dari sorga. bagi orang Farisi, seandainya ada tanda dari sorga, seperti ada suara atau suatu tanda dari matahari atau bulan,  akan lebih meyakinkan bahwa Yesus adalah Mesias. Tanda seperti itu dirasa lebih kuat dari pada tanda di bumi seperti ketika Yesus memberi makan orang banyak. Orang Farisi hatinya sungguh buta terhadap Yesus. Ketika Yesus memberi makan orang banyak, sebetulnya itulah mujizat-Nya yang menunjukkan bahwa Ia adalah Mesias. Orang Farisi yang hatinya tidak jujur, tidak dapat memahami mujizat yang Yesus lakukan.

Yesus memanfaatkan perjumpaan-Nya dengan maksud hendak mengajarkan para murid-Nya supaya berhati-hati terhadap pengaruh orang Farisi yang dapat membutakan hati mereka. Para murid harus mampu memaknai mujizat yang dilakukan-Nya sebagai tanda dari sorga bahwa Ia adalah Mesias.

Kita meyakini mujizat Yesus yang memberi makan orang banyak sebagai suatu tindakan yang datang dari kuasa Ilahi yang ada di dalam diri-Nya. Ini berarti kita meyakini secara penuh bahwa Yesus adalah Mesias. Karena itu, adalah penting bagi kita untuk terus bertumbuh dalam iman terhadap Yesus. Kuasa Ilahi yang ada di dalam diri-Nya, memampukan kita untuk berkarya di tengah masyarakat bagi kemuliaan nama-Nya. Sekecil apa pun ‘hal’ yang pernah kita lakukan bagi Yesus, semuanya menyatakan kesediaan kita untuk berkarya dengan hati yang jujur untuk menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s