Renungan Pagi (20 Januari 2013)

BERKARYA BERSAMA ORANG LAIN

Markus 7:14-16

Yesus berjumpa dengan oran Farisi memperbincangkan hukum Taurat dan adat istiadat orang Yahudi. Orang Farisi sebagai golongan rabi (guru agama) dan sebagai ahli Taurat sangat menghargai dan memegang teguh hukum Taurat dan adat istiadat.

Yesus tidak berprasangka apa-apa pada orang Farisi, terutama menyangkut : ‘hal’ yang dapat menajiskan. Namun satu hal yang paling penting bagi Yesus, hukum Taurat dan adat-istiadat yang diselenggarakan Musa, merupakan bentuk keagamaan yang sifatnya legalistis, dalam arti mengedepankan tindakan-tindakan lahiriah dalam rangka memperoleh pembenaran dari Tuhan. Iman kepada Yesus mengungkapkan hal yang lain tentang pembenaran. Seseorang dibenarkan (diampuni dosanya) sebagai anugerah Allah karena kesediaannya menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Karena itu, ‘hal’ yang datangnya dari luar – dan masuk ke dalam hidup bukanlah sesuatu yang dapat menajiskan. Sebaliknya, ‘hal’ yang keluar dari dalam, yaitu dari hati seseorang, itulah yang dapat menajiskan. Jadi : ‘hal’ yang dapat menajiskan adalah yang bersifat bathiniah bukan yang lahiriah.

Dalam kehidupan bermasyarakat kita jumpai adanya orang yang melaksanakan praktek agamanya yang bersifat legalistis. Saatnya bagi kita untuk berkarya bersama orang lain sekalipun praktek agamanya berbeda dengan kita. Dengan begitu kita dapat mengambil langkah maju dalam hidup bersama tanpa mengalami persoalan keagamaan. Apa yang Yesus katakan kepada orang Farisi dalam perjumpaannya itu, memberi penghayatan yang lebih dalam bagi kita tentang makna kekristenan kita. Kristus yang kita imani sebagai Tuhan dan Juruselamat, bersemayam di hati kita dalam Roh-Nya yang kudus. Hati yang dikuasai Roh Kudus memampukan kita untuk hidup bersama ditengah masyarakat. Bersama orang lain kita tidak akan saling mendatangkan ‘hal’ yang dapat menajiskan kehidupan masing-masing, tetapi hidup bersama yang saling menghargai hukum agama dan adat-istiadat yang ada dalam masyarakat luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s