Renungan Malam (20 Januari 2013)

BERKARYA DENGAN HATI YANG BAIK

Markus 7:17-23

Kali ini Yesus berhadapan dengan para murid-Nya. Apa yang sudah diperbincangkan-Nya dengan orang Farisi tentan ‘kenajisan’ – sepertinya belum dimengerti sepenuhnya oleh para murid Yesus. Karena itu, Yesus menjelaskan kembali tentan ‘kenajisan’ ini di hadapan para murid-Nya. Yesus menjelaskannya dengan mempergunakan gambaran kehidupan sehari-hari. Bagi Yesus, najis tidaknya seseorang tidak ditentukan oleh apa yang masuk ke dalam tubuhnya. Yang dapat menajiskannya adalah sesuatu yang diperbuatnya, karena tindakan seseorang lahir dari apa yang ada di dalam hatinya.

Dengan demikian, ‘makanan’ yang dari luar tidak dipahami sebagai ‘penajisan’, sebab masuk ke dalam perut dan terbuang ke dalam ‘jamban’ dan tidak ada dampak kepada kehidupan orang lain. Yang berdampak luas pada kehidupan kita dan orang lain adalah sesuatu yang kita lakukan. Tindakan perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, dan kebebalan – semuanya ini merupakan ‘hal-hal’ jahat yang timbul dari dalam hati yang dipahami sebagai ‘penajisan’.

Bagi kita, ini adalah panggilan untuk selalu menata hati kita agar senantiasa dikuasai oleh Roh Kudus sehingga segala perbuatan kita tidak mendatangkan kenajisan bagi kita sendiri dan juga bagi orang lain. Sebagai warga Gereja, kita patut melaksanakan ‘panggilan dan pengutusan’ kita dengan menghasilkan karya kehidupan dari hati yang baik. Kita harus menjauhkan diri dari segala sesuatu yang dapat membuat hati kita dipenuhi oleh yang jahat. Tuhan menghendaki agar kita senantiasa mengalami keberhasilan dalam menyaksikan Kristus di tengah masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s