Renungan Pagi (28 Mei 2011)

Saling Mendoakan Dalam Pekerjaan Tuhan

Kolose 4:2-4

Saya pernah membaca di status Facebook seorang teman, yang berkata: “Pernahkah kita sadar bahwa kalau hari ini kita sehat dan kuat untuk mampu menyelesaikan pekerjaan kita karena Tuhan mendengar dan menjawab doa orang lain yang mendoakan kita, supaya kita mau mendoakan mereka yang lain agar mereka juga sehat dan kuat untuk menyelesaikan pekerjaan mereka?” Pernahkah kita sungguh-sungguh menyediakan waktu untuk mendoakan orang lain yang menitipkan pokok doa mereka kepada kita? Semoga!

Pembacaan kita memuat permintaan Paulus dari dalam penjara agar jemaat Kolose mau mendoakannya. Paulus tidak meminta doa yang mengharapkan pembebasan atau pelepasan dari penjara. Paulus hanya mengharapkan kekuatan dan kesempatan untuk melakukan pekerhaan yang sudah Tuhan percayakan kepadanya. Doa yang meminta kekuatan dan kesempatan menyatakan kasih Kristus. Sesungguhnya dibalik permintaan itu, Paulus hendak menunjukkan keyakinannya. Pertama : Paulus dan jemaat saling membutuhkan satu dengan yang lain, sama seperti mereka sama-sama membutuhkan kekuatan Tuhan. Kedua : bahwa doa punya kuasa yang besar dan karena itu doa harus menjadi nafas hidup orang beriman. Apalagi doa orang-orang benar (dalam hal ini, jemaat Kolose yang beriman kepada Kristus) pasti didengar dan dijawab Tuhan.

Dalam kehidupan kita sehari-hari yang mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang Tuhan percayakan, kita patut saling mendoakan. Dengan sadar dan sengaja kita menyediakan waktu untuk menoakan diri kita dan mendoakan orang lain, saling mendoakan. Dengan sadar dan sengaja kita membangun hubungan doa dengan Tuhan. Yakinlah doa sungguh besar kuasanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s