Renungan Pagi (27 Mei 2011)

Jadilah Orang Yang Suka Memuji Tuhan

Efesus 5:15-19

Berlawanan dengan melakukan perbuatan-perbuatan kegelapan, orang beriman justru harus senantiasa memuji Tuhan. Memuji Tuhan terutama dalam persekutuan, bukan sekedar bernyanyi dengan baik dan merdu atau menyanyikan nyanyian pujian yang indah-indah. Bukan sekedar mengungkapkan syair pujian indah tentang kasih Tuhan dalam kebersamaan di tengah-tengah persekutuan atau ibadah-ibadah. Memuji Tuhan dalam persekutuan pada bagian pembacaan ini berkaitan dengan perilaku masing-masing orang dalam persekutuan itu.

Paulus berbicara tentang memuji Tuhan, dikaitkan dengan hidup sebagai orang yang bijak, orang yang memperhatikan bagaimana ia harus hidup. Termasuk baaimana ia hidup ditengah persekutuan dengan sesama umat Tuhan dan tentu dengan sesamanya. Sebagai orang yang mengerti kehendak Tuhan dan ikuasai oleh Roh, setiap orang harus mambangun persekutuan dengan saling member perhatian yang tulus, mendorong untuk suka berbuat baik dan berusaha mencegah sesamanya ari perbuatan sia-sia. Orang yang mengerti kehendak Tuhan punya tanggung jawab yang besar terhadap sesamanya. Kehadirannya dalam persekutuan itu adalah kehadiran untuk menjadi sahabat, saudara dan sesama yang melalui ucapan, perhatian dan tindakan-tindakan nyata. Dengan demikian, orang lain menyatakan syukur dan terimakasihnya kepada Tuhan.

Kalau orang lain terbiasa suka mencela dan menjelekkan saudara dan sesamanya dan terbiasa masa bodoh dan menganggap biasa membuat orang lain menderita, buktikanlah bahwa kita berbeda. Kalau orang lain terbiasa hanya di mulut saja pujiannya kapada Tuhan, buktikanlah bahwa pujian terindah adalah perbuatan kita yang mendorong orang lain memuliakan Tuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s