Renungan Malam (27 Mei 2011)

Menjadi Orang Yang Takut Akan Tuhan

Efesus 5:20-21

Sikap hidup yang bagaimanakah yang merupakan bukti bahwa kita adalah orang-orang yang takut akan Tuhan? Rajin berdoakah atau suka menolong orang lainkah? Rajin memuji Tuhan dalam ibadah-ibadahkah? Atau berusaha hidup suci dan tidak turut dalam perbiatan-perbuatan dosakah? Manakah diantara perbuatan-perbuatan diatas tadi yang kita anggap sikap yang tepat untuk menunjukkan bahwa kita ini orang-orang yang takut akan Tuhan?

Dua ayat terakhir dari nasihat Paulus  untuk hidup sebagai anak-anak terang, Paulus katakana (1), “ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita” dan (2) “rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain d dalam takut akan Kristus.” Pertama, Paulus mengingatkan kita untuk selalu bersyukur. Bersyukur atas hiup yang telah diselamatkan, untuk persekutuan yang saling menguatkan, untuk kasih karuniaNya yang menyertakan kita dalam menyatakan kemuliaan Allah dan termasuk untuk pertolonganNya yang memampukan kita hidup berbeda dari dunia. Kedua, Paulus mendorong kita untuk saling merendahkan diri dengan meniru apa yang Kristus lakukan yang dalam kerelaanNya merendahkan diri, Ia menebus kita.

Didalam kesungguhan kita untuk menjadikan kedua hal tadi sebagai sikap hidup persekutuan da sikap hidup pribadi, yaitu tahu dan selalu bersyukur kepada Tuhan dan bersedia merendahkan diri satu kepada yang lain, akan nyata sikap hidup kita sebagai orang-orang yang takut akan Tuhan. Melalui sikap hidup yang selalu bersyukur kepada Tuhan dan sikap hidup yang mau merendahkan diri satu dengan yang lain, kita menhadi pelaku hukum kasih. Mengasihi Tuhan dan sesama dengan segenap hati, segenap jiwa dan dengan segenap akal budi. (band. Mat. 22:37)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s