Renungan Malam (26 Mei 2011)

Jangan Turut Mengambil Bagian Dalam Perbuatan Kegelapan

Efesus 5 : 11-14

Bagian ini membangun kesadaran kita bahwa kita adalah anak-anak terang yang diutus untuk membawa terang dan menerangi kegelapan dunia karena dosa. Tuhan telah menempatkan kita di dunia ini agar dengan perilaku sebagai anak-anak terang atau dengan terang Kristus membawa dunia sekitar kita atau orang lain keluar dari perilaku kegelapan kepada perilaku yang dikehendakiNya. Oleh karena itu, Paulus katakan “jangan turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa”.

Dunia disekitar orang beriman adalah dunia yang dipenuhi dengan perbuatan-perbuatan kegelapan. Perbuatan yang sesungguhnya tidak ada manfaatnya bahkan mendatangkan murka Allah. Perbuatan yang hanya berakhir dengan sia-sia. Maka kita an semua yang beriman harus menyadari bahwa untuk menerangi dunia itulah, sebagai anak-anak terang kita diutus atau dihadirkan dalam dunia.

Kita dan setiap orang beriman hadir dengan terang yaitu perbuatan-perbuatan benar, sehingga yang gelap itu ditelanjangi, dikalahkan dan dienyahkan. Bukan sebaliknya kita turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang sia-sia!

Menjadi anak-anak terang seperti yang dikatakan Paulus bukanlah sesuatu yang mudah. Godaan kenikmatan semu dari perbuatan-perbuatan kegelapan atau dosa begitu besar dan tidak jarang ada yang tergoda dan turut mengambil bagian alam perbuatan-perbuatan itu. Tetapi berusahalah untuk menjadi seperti yang Tuhan kehendaki. Ingatlah bahwa kuasa Kristus menyertai kita dan kemuliaan Kristus akan bercahaya atas kita (ay. 14). Ingatlah pula, bahwa kita akan turut mendapat bagian dalam kerajaan Kristus dan Allah (Ay. 5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s