Renungan Pagi (25 Mei 2011)

Betapa Lebar, Panjang, Tinggi Serta Dalamnya Kasih Kristus

Efesus 3 : 14-19

Kasih adalah hakekat Allah Bapa. Karena kasih yang begitu besar Ia mengaruniakan AnakNya yang tunggal, Tuhan Yesus supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (band. Yoh 3:16). Kasih sepatutnya pula menjadi hakekat dari kehidupan orang-orang Kristen. Pribadi maupun terutama persekutuan jemaat Tuhan. Namun adakalanya diantara sesama anggota persekutuan terjadi iri hati, saling membenci dan memusuhi.

Dalam doanya, Paulus mengungkapkan harapannya atas jemaat Efesus dan jemaat Tuhan dimana saja termasuk jemaat kita. Doa dan harapannya agar kita memahami bahwa setinggi-tingginya langit dan selebar-lebarnya lautan dan bumi, masih jauh lebih tinggi, dalam, panjang dan lebarnya kasih Kristus. Kasih seperti itu hanya ada pada Kristus. Sebab kasihNya menjangkau siapa pun dan apa pun. KasihNya menjangkau seluruh alam semesta sehingga tidak aa ruang, waktu dan tempat yang tidak terjangkau oleh kasih itu. Kasih yang dianugerahkan melalui pengorbanan yang utuh dan sempurna dalam Kristus.

Kasih seperti itu harusnya kita jumpai, pelihara dan tunjukkan sebagai hakekat diri dan persekutuan kita. Sebagaimana kasih Kristus yang tanpa batas dan perbedaan, begitulah seharusnya setiap orang dalam jemaat. Mengasihi dengan tulus dan tanpa perbedaan. Kasih yang mendamaikan permusuhan, mengampuni kesalahan dan saling menerima. Kasih yang mendahulukan kepentingan bersama dan mengorbankan kepentingan sendiri. Dengan demikian orang lain pun akan mengenal betapa lebar, panjang, tinggi dan dalamnya kasih Kristus Tuhan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s