Renungan Malam (25 Mei 2011)

Hanya Bagi Dialah Kemuliaan

Efesus 3 : 20-21

Bagian akhir dari pasal 2 ini, adalah sebuah doxologi, akhir dari doa yang diaminkan bersama-sama jemaat. doxologi ini, mengungkapkan pengakuan bersama bahwa Allah oleh kuasa dan kasihNya melakukan jauh lebih dari yang bisa kita bayangkan, yang kita pikirkan dan yang kita duga. Sesungguhnya setiap orang beriman menjadi saksi atas pengakuan bersama ini, bahwa tidak seorangpun yang kehidupannya berlangsung diluar kuasa kasih Allah ajaib dan luar biasa itu.

Doxologi ini dengan tegas dan sangat kuat menekankan pengakuan kuasa Allah yang tidak terbandingkan, yang melampaui segala sesuatu dan sangat berlimpah. Kuasa itu nyata tidak saja dalam ciptaanNya. Ciptaan yang menceritakan tentang luar biasanya kuasa Sang Pencipta. Kuasa yang berpuncak pada karya Kristus yang luar biasa dan tidak terselami itu. Bukan itu saja, karena kuasa itu juga telah nyata dalam umatNya. Kuasa yang luar biasa itu menyatakan kemuliaan Allah. Karena itu Paulus katakan, bagi Dialah kemuliaan, sebab kemuliaan itu bersumber dari Allah. Allah yang memancarkan kemuliaanNya didalam hasil karya tanganNya, memancar dalam karya Kristus yang menyelamatkan dan memancar melalui jemaatNya.

Sebagai gereja maupun pribadi Kristiani, kita patut menyadari bahwa kekuatan kita bersumber dari kasih karunia Allah dalam Kristus dan tidak pada sesuatu yanga lain atau kekuatan manusiawi kita. Kekuatan untuk membangun persekutuan, pelayanan dan kesaksian; kekuatan untuk berkarya setiap waktu bersumber ari kasih karuniaNya. Dia memberikan kepada kita agar kita turut menyatakan kemuliaan Tuhan. Dia memberikannya agar kita bukan saja menikmati anugerahNya, tetapi lebih daripada itu, supaya melalui hidup kita, dunia melihat kemuliaan Tuhan dan mengakui Kristus sebagai Tuhannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s