Renungan Pagi (23 Mei 2011)

DALAM KRISTUS KITA MENJADI SATU KELUARGA, KELUARGA ALLAH

EFESUS 2 : 11-16

Selalu saja ada orang yang menganggap diri paling baik, paling sempurna dan paling benar dari pada orang lain. Sebuah gaya hidup yang pasti akan membangun kesombongan atau egisme diri dan kelompok. Gaya hidup seperti ini dapat merusak tatanan kebersamaan baik didalam maupun diluar gereja. Banyak kali perselisihan dan perpecahan terjadi karena kesombongan atau egoism itu. Kesombongan seperti orang Yahudi yang menganggap sebagai bangsa paling benar dan paling dekat dengan Allah, telah menjauhkan bangsa lain bukan saja dengan mereka tetapi yang paling utama adalah dari kemungkinan untuk berjumpa dengan Allah dan diselamatkan. Padahal tidak dapat dibenarkan oleh iman kesombongan seperti itu.

Pengorbanan Kristus, menurut Paulus, bukan saja menghancurkan kesombongan seperti itu, tetapi membuat setiap orang menjadi dekat. Kesombongan yang menjadi pemisah dihancurkan oleh Kristus. PengorbananNya menghancurkan pemisah itu dan mendamaikan satu dengan yang lain dan terutama dengan Allah. PengorbananNya mendamaikan baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi termasuk kita dan telah menjadikan kita satu keluarga, keluarga Allah.

Sebagai satu keluarga, hendaknya kita saling mengasihi, saling menolong, saling menghargai. Hendaknya kita tidak saling menghakimi dan merendahkan. Sebab dalam Kristus, kita semua telah diperdamaikan. Mengapa kita harus sling merendahkan sedangkan Kristus tidak pernah menganggap kita rendah. Karena itu sebagai keluarga Allah, hendaklah kita saling menerima, seperti Kristus telah menerima kita apa adanya kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s