Renungan Malam (23 Mei 2011)

KALAU ALLAH MENDIAMI HIDUP KITA, KITA DIBERKATI DAN MENJADI BERKAT

EFESUS 2 : 17-22

Hampir semua orang Kristen menghapal dengan baik teks Mazmur 133. Mazmur tentang persaudaraan yang rukun. Persaudaraan yang memungkinkan berkat Allah hadir, mengalir, membasahi dan memberikan kehidupan. Bahkan lagu gubahan seorang penggubah yang diangkat dari Mazmur ini begitu akrab dinyanyikan oleh kelompok-kelompok Paduan Suara Gerejawi baik di kota-kota maupun desa-desa. Setidaknya, ini mengungkapkan pemahaman bahwa persekutuan yang rukun akan diberkati dan menjadi kesaksian tentang Tuhan. Bukan hanya supaya diberkati tetapi untuk menhadi kesaksian tentang si Pemberi berkat.

Paulus, ketika menulis “kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah…”, sesungguhnya berbicara tentang kesaksian bersama dari setiap orang yang ada dalam persekutuan umat yang telah ditebs dan diberkati. Setiap orang adalah saksi ketika didalam kebersamaan itu, apa yang dikehendaki oleh Kristus, menjadi kehendak dan kesaksian bersama. Setiap orang yang bersaksi lewat kehidupannya sehari-hari dengan cara yang berbeda-beda,tetapi bersumber dari satu kehendak, yaitu kehendak Kristus Yang Satu itu. Paulus menekankan bahwa tidak boleh orang mengatur persekutuan itu menurut keinginannya sendiri-sendiri, tetapi menurut keinginan Kristus. Jika itu terhadi maka baik persekutuan jemaat maupun pribadi sungguh-sungguh menjadi kediaman Allah dan diberkati. Dari situ mengalirlah kesaksian indah bagi dunia dan sesama tentang indahnya hidup yang dituntun Kristus.

Mari kita bangun persekutuan, pelayanan dan kesaksian Gereja kita ini dengan belajar tunduk pada kehendak Kristus, bukan pada keinginan, kehendak dan kepandaian masing-masing kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s