Renungan Pagi (19 Mei 2011)

TAATILAH HUKUM dan TEGAKKAN KEADILAN

YESAYA 56 : 1-6

Hukum dan Keadilan dipahami dalam terang keselamatan. Ketidaktaatan pada hokum melahirkan hukuman, praktek ketidakadilan berbuah petaka dalam hidup. Sebaliknya menaati hokum dan mempraktekkan keadilan, keselamatanlah buahnya ( ayat 5,7)

Dalam konteks ini, yang Tuhan kehendaki adalah ketaatan atas segala ketetapan, perintah dan hukum-hukumNya. Mengapa mesti taat dan setia kepada Tuhan? Sebab Dialah yang mengaruniakan hidup dan memberikan segala sesuatu kepada manusia. Wajar jika Allah menuntut ketaatan sebab ujung dari ketaatan itu adalah keselamatan. Umat yang ingin bebas dan merdeka dari hukum sungguh tidak layak hidup dihadapan-Nya, citra umat pilihan yang melekat pada Israel tidak mungkin hidup dalam kecemaran dunia, tetapi konsisten menjaga dirinya (artinya taat) sedemikian rupa sehingga kehadiran umat menjadi berkat bagi dunia.

Hukum dipahami bukan yang bersifat legalistic formal (benar atau salah), melainkan lebih bersifat etika (layak atau tidak) hidup dalam interaksi dunia. Yesaya hendak menegaskan, bahwa orang yang melakukan hukum dan keadilan itu disebut berbahagia (ayat 2) karena menciptakan ruang bagi sesame untuk hidup dalam damai sejahtera dan terhindar dari perbuatan jahat. Tetapi sekedar menghapal pasal dan ayat demi tegaknya hukum adalah kemunafikan. Dalam hal ini umat tidak diajarkan untuk belajar (teoritis) hukum (Taurat) secara hurufiah tetapi mampu mempraktekkannya dengan benar, penuh kesadaran bahwa Tuhan menghendaki kehidupan yang jujur, jauh dari praktek manipulative (KKN)

Kita pasti bisa melakukannya, karena Tuhan mengaruniakan hati nurani serta kerendahan hati dalam diri kita, sehingga kualitas hidup bersama terpelihara atas dasar kebenaran, keadilan dan kebaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s