Renungan Pagi (18 Mei 2011)

MELAKSANAKAN KEHENDAK-NYA

Yesaya 55 : 8 – 11

Ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab Firman tidak dilaksanan. Pertama, karena Firman Tuhan tidak dimengerti; kedua, karena sulit dijabarkan lantaran bertentangan dengan kata (kemauan) hati; ketiga, karena tidak mau tahu dengan kebenaran Firman Tuhan. Manakah diantara ketiga alasan ini yang membuat kita tidak menjabarkan perintah Tuhan sebagaimana isi dari Firman-Nya?

Yesaya mau menegaskan sekaligus memastikan bahwa kehendak Tuhan ini pasti dilakukan atau dilaksanakan. Apa pun alasannya, Firman Tuhan itu tidak akan kembali dengan sia-sia. Ini berarti harus ada upaya yang sungguh-sungguh untuk mengerti apa yang Tuhan mau. Kebiasaan kita adalah memaksakan apa yang kita mau lalu Tuhan mengikuti kehendak diri kita.

Sekalipun sulit untuk menangkap isi Firman Tuhan, tetapi tidak berarti kita tidak bisa menerjemahkannya dalam perilaku. Soal kita adalah keterbukaan diri pada pertolongan Tuhan selalu terbatas pada tidak ada/lemahnya diri kita pada kemauan yang keras untuk bertekun dalam membaca dan merenungkan isi Firman-Nya. Sikap malas inilah akar penyebabnya. Padahal hasrat dan keinginan untuk meraih dan mendapatkan sesuatu, kadang membuat bahkan kita menjadi nekad untuk bertindak. Tetapi bertekun dengan Firman-Nya tidak pernah membuat kita kian berani untuk melakukannya.

Jika ada kemauan pasti ada jalan, menjadi pendorong untuk kita belajar menekuni Firman Tuhan. tidak ada kata terlambat untuk membiasakan diri membaca dan merenungkan Firman Tuhan, semoga aliran Roh Allah membangkitkan semangat untuk memulainya sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s