Renungan Malam (18 Maret 2011)

BERSUKACITALAH KARENA TUHAN ITU BAIK

Yesaya 55 : 12 – 13

Di balik pernyataan ayat 12, tidak ada alasan untuk ragu apakah benar umat akan kembali ke Yerusalem? Bukan wacana apalagi sekedar “lip service” atau “isapan jempol” saja. Janji Tuhan itu, dengan deskripsi/penggambaran suasana hingar-bingar penuh sukacita, umat diyakinkan, Tuhan pasti menyelamatkan mereka dari penderitaan. Secara psikologis/kejiwaan, penting bagi umat untuk mendapatkan kepastian, bahwa kemerdekaan dari tanah pembuangan itu pasti berakhir, dengan demikian penderitaan yang panjang itu tidak lagi dialami.

Jika dikatakan umat sudah kapok dengan dosa/kesalahan yang berakibat fatal, dibuang atau dikucilkan dan menderita sangat lama, maka itulah realitasnya. Sebagai langkah awal menuju pintu kebebasan, umat pun dipersiapkan untuk menerima realitas baru hidup dalam kasih sayang Allah. Tidak lagi hidup menurut keinginan sendiri (egoisme) melainkan hidup di jalan Tuhan. “Sebagaimana ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar…” Hidup yang berakar pada hati nurani Ilahi, berakibat pada pola dan tata cara hidup yang setia, patuh dan dengar-dengaran hanya pada Tuhan. Semak duri adalah realitas penderitaan, sementara pohon Sanobar yang rimbun, mengindikasikan kesejukan spiritual/rohani. “Sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad…” bukan lagi kesusahan yang akan dialami dan dinikmati, tetapi karena Allah menyelamatkan.

Firman Tuhan malam ini hendak mengarahkan kita pada realitas hidup yang berpengharapan. Tidak selalu awan yang kelam itu berakhir kepahitan. Selalu tersedia pengampunan, belas kasih Allah bagi setiap orang yang menyadari kesalahannya. Kebaikan Tuhan itu memberi kita kemerdekaan dari kungkungan dosa, karena itu berpegang pada janji Tuhan yang menyelamatkan, pasti berujung pada sukacita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s